Sebagai seorang muslim tentunya tidak diperbolehkan memakan daging babi karena haram. Makan daging sapi dan ayam tetap diperbolehkan karena halal. Soalnya ketiga jenis daging ini hampir sama, mulai dari warna dan teksturnya. Jadi bagaimana Anda membedakan antara daging sapi, ayam, dan babi?

Tenang saja, meski warna dan tekstur ketiga jenis daging tersebut hampir sama, namun tetap bisa dibedakan. Bagi orang yang terbiasa mengolah daging tentu mudah membedakan jenis dagingnya. Sayangnya, perbedaan antara daging sapi, ayam, dan babi sulit bagi orang awam untuk membedakannya.

Kami ingin membantu Anda agar tidak salah mengolah daging atau memakan daging yang salah yang dilarang agama. Dengan cara ini Anda tidak perlu khawatir memakan daging olahan karena dagingnya halal. Jika ingin membuat bakso Anda bisa membuatnya dengan mesin pembuat bakso dan mesin peniris minyak.

Nah berikut ini perbedaan bakso sapi dan ayam dengan daging babi agar tidak salah.

Perbedaan Bakso Sapi dan Ayam Dengan Daging Babi

1. Bau daging yang berbeda

Tahukah Anda bahwa daging sapi berbau tengik daripada babi? Karena daging babi cenderung lebih metalik. Selain itu bau ayam tidak terlalu menyengat, melainkan amis dan busuk.

2. Kaldu daging yang hampir sama

Walaupun rasanya berbeda, tetapi ketika daging telah dimasak dalam makanan tertentu, ketiganya sulit dibedakan. Tapi jangan panik, karena kaldu dagingnya bisa dibedakan, terutama kaldu sapi dan babi. Kaldu daging sapi cenderung lebih jernih dan lebih beraroma, tetapi kaldu babi lebih berminyak dan lebih kental.

3. Warna daging sapi, ayam dan babi

Daging sapi dan babi memiliki warna yang hampir sama. Tidak jarang para penjual makanan mencampur daging sapi dengan daging babi. Namun, Anda bisa membedakannya dengan merendam kedua daging dalam air selama beberapa jam.

Jika warna daging berubah dan menjadi pucat, berarti daging babi. Sementara daging sapi tetap berwarna merah cerah, segar, tidak pucat dan mengkilat. Lemak daging sapi keras dan berwarna putih kekuningan. Sedangkan warna daging ayam cenderung pink. Daging ini tidak abu-abu atau hitam.

4. Berbagai lemak daging

Dilihat dari lemaknya, daging sapi agak kering, kaku, berserat, dan berbentuk. Sedangkan lemak ayam berserat, konsistensinya kurang padat dan tidak ada lemak di antara serat. Lemak babi sendiri sangat lembab, lebih elastis dan sulit dihilangkan.

5. Perbedaan tekstur daging

Ada perbedaan tekstur daging sapi, ayam, dan babi. Tekstur daging sapinya padat dan keras. Sehingga saat daging ditekan, permukaannya bisa kembali seperti semula. Meski terlihat lentur, daging sapi tetap lebih kaku daripada daging babi. Soalnya, daging babi terasa lembek dan keras, jadi mudah diregangkan. Ayam sekarang lebih padat, berair, dan sedikit lembek.

Saat daging dibuat menjadi bakso, ayam cenderung menjadi lebih lembut dan masih memiliki serat kasar. Ketika daging babi dibuat menjadi bakso, biasanya teksturnya lebih halus, lebih lembut, dan lebih berminyak. Saat bakso dipotong, tidak ada urat seperti daging sapi.

 

Itulah beberapa perbedaan antara daging sapi, ayam, dan babi. Sekarang Anda dapat membedakan apakah itu daging sapi, ayam atau babi. Meski dagingnya sudah diolah menjadi kaldu atau bakso, perbedaannya masih terlihat jelas.

Saya harap Anda tidak salah dalam mengidentifikasi jenis-jenis daging. Pasalnya, sepintas daging sapi, ayam, dan babi sangat mirip. Jika Anda tidak memperhatikan Anda bisa disesatkan dan membeli daging yang salah, yang dilarang oleh Islam.

By crystal