Mengingat perkembangan dunia yang semakin tampak maju, membuat berbagai sektor bahkan pertanian juga harus ikut berubah. Untuk lebih jelasnya, ada penjelasan terkait perbedaan pertanian di indonesia dan luar negeri yang patut Anda baca.

Perbedaan Pertanian di Indonesia dan Luar Negeri

Sebagai bentuk pembelajaran dalam menerapkan teknologi yang semakin maju ini, berbagai bidang bahkan sektor pertanian harus ikut berubah dan mampu bersaing dengan negara lain yang pastinya lebih berkembang dari Indonesia. Dengan begitu, kemajuan sistem tersebut akan membuahkan hasil.

Indonesia Negara Agraris

Sebagai negara agraris, Indonesia pernah menempati posisi ketiga penghasil beras paling banyak sedunia. Itu karena para petani dapat memproduksi setidaknya 75,6 juta ton, akan tetapi mirisnya dengan hasil sebanyak itu tidak dapat menjamin kehidupan / nasib petani memiliki hidup berkecukupan.

Hal itu tentu saja didasari dari beberapa faktor yang menyebabkan Indonesia kalah saing dengan negara maju lainnya. Dari sini, diperlukan yang namanya strategi baru agar penghasilan dari sektor pertanian dapat dibilang cukup dan setara dengan negara lain.

Pendidikan dan Gaya Hidup

Salah satu faktor yang membuat Indonesia memiliki perbedaan dalam sektor pertanian dengan negara lain ialah pendidikannya. Sebut saja perbandingannya dengan negara Jepang, mereka memiliki skill khusus karena merupakan lulusan Universitas sedangkan Indonesia hanya lulusan SD.

Sedangkan gaya hidup antara Indonesia dengan negara maju lainnya tentu saja sangat berbeda jauh. Bandingkan dengan Thailand yang bahkan kehidupan petaninya bisa membuka usaha sampingan dan menyekolahkan anaknya, berbanding terbalik negara Indonesia yang kekurangan.

Kualitas dan Teknologi

Selanjutnya melihat dari sisi kualitas, Indonesia unggul dalam hal ini. Itu karena dalam pengelolaannya mereka mengandalkan peramalan yang dilakukan langsung secara turun temurun dari nenek moyang. Sedangkan negara maju masih membawa hasil panennya untuk diteliti.

Untuk masalah teknologi, Indonesia kalah dengan negara maju lainnya. Meskipun sudah terdapat alat pembantu canggih, akan tetapi petani tersebut masih lebih memilih menggunakan alat tradisional seperti halnya kerbau.

Meskipun ada perbedaan pertanian di indonesia dan luar negeri, sebagai masyarakat tanah air perlu melakukan perubahan pasti agar kedepannya tak tertinggal dengan negara lain dalam hal teknologi untuk menyelesaikan dan menghasilkan sesuatu.  

Kunjungi : https://www.tanam.co.id/

By crystal