Tahukah kalian tentang nepotisme?? Istilah nepotisme biasanya berkaitan dengan korupsi dan kolusi yah. Tetapi kali ini yang akan kita bahas hanya tentang nepotisme saja. Untuk itu langsung saja akan kita uraikan pembahasannya.

Pengertian Nepotisme

Secara umum, nepotisme adalah tindakan seseorang dalam memanfaatkan jabatannya atau dengan kata lain sebuah posisi dimana ia lebih mengutamakan kepentingan keluarga atau kerabat diatas kepentingan umum atau standar profesional. Sehingga lebih melihat dan memilih berdasarkan hubungan kekeluargaan atau persaudaraan dibandingkan atas dasar kemampuan atau kapabilitas.

Arti lain dari nepotisme adalah suatu bentuk perlakuan oleh mereka yang mempunyai kekuatan atau pengaruh yang lebih mengutamakan kerabat atau teman akrab. Seperti contoh memberikan posisi yang penting dalam suatu pekerjaan kepada mereka yang memiliki tali persaudaraan atau hubungan kerabat, sehingga melihat dari kedekatannya bukan dari kemampuan atau skill yang dimiliki.

Jika kita lihat kembali, istilah nepotisme berasal dari kata "Nepos" yang berarti keponakan atau cucu. Sehingga dengan demikian kata nepotisme dapat dimaknai sebagai suatu tindakan pemilihan orang yang bukan berdasarkan kemampuannya, melainkan atas dasar hubungan kekeluargaan atau kedekatan semata.

Adapun nepotisme menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Kamarudin Hidayat

Menurut Beliau, nepotisme adalah suatu bentuk pengelolaan kepegawaian yang dapat menggambarkan suatu sistem pengangkatan, penempatan, pemilihan, serta mengenai kenaikan pangkat dengan dasar adanya tali persaudaraan atau kekeluargaan ataupun kerabat.

2. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut KBBI, arti nepotisme adalah sebagai berikut:

  • Suatu perilaku yang memperlihatkan adanya perlakuan atau suka yang berlebih kepada kerabat dekat.
  • Adanya kecenderungan dalam mengutamakan atau juga bisa menguntungkan kerabat atau keluarganya sendiri terutama dalam hal jabatan atau kenaikan pangkat.
  • Adanya suatu tindakan dalam memilih atau menunjuk anggota keluarga atau kerabat dekat dalam memegang suatu jabatan dalam pemerintahan.

3. UUD Republik Indonesia

Menurut UUD RI, nepotisme merupakan suatu  perbuatan Penyelenggara Negara yang jika secara hukum tersebut dapat menguntungkan kepentingan keluarga atau kerabatnya dan atau kroninya itu di atas kepentingan umum yakni masyarakat, bangsa, dan negara.

Baca Juga: https://www.pendidik.co.id/

 

Ciri Nepotisme

Ada beberapa ciri nepotisme, diantaranya adalah

1. Dalam pelaksanaan jabatan atau posisi umumnya akan dilakukan secara sewenang-wenang.

2. Pemberian atau penempatan posisi biasanya tidak berdasarkan kemampuan yang ada melainkan atas dasar hubungan kedekatan.

3. Tidak jujur dan tidak amanat dalam menjalankan amanatnya.

4. Dan lain sebagainya.

Itulah penjelasan singkat tentang Pengertian Nepotisme dan Cirinya. Semoga manfaat.

By crystal