Setiap membangun usaha pasti memerlukan perencanaan matang agar memperoleh hasil sesuai yang diinginkan. Oleh karena itu Anda harus bisa memperhitungkan laba atau rugi maupun keuntungan yang akan diperoleh dari bisnis tersebut. Agar memperoleh hasil hitungan yang tepat sesuai dengan rumus ROI, Anda tak bisa asal menjumlah dan mengurangi.

Pentingnya Rumus ROI

  • Pengertian ROI

Sebelum membahas cara menghitung, ada baiknya Anda mengetahui apa itu ROI. Return on investment atau lebih dikenal dengan ROI merupakan pengembalian investasi yang menjadi tolak ukur atau rasio perusahaan dalam menghasilkan sebuah keuntungan, berasal dari seluruh dana yang telah ditanamkan untuk operasional perusahaan. Sederhananya ROI dikenal sebagai hasil dari investasi atau laba dalam suatu bisnis.

  • Hal yang Dapat Berpengaruh Pada ROI
  • Profit margin merupakan banyaknya hasil atau keuntungan operasional yang diperoleh dan kemudian dinyatakan dalam bentuk prosentase bentuk bersih penjualan. Ia dapat digunakan sebagai alat ukur keuntungan sebuah perusahaan dan kemudian diteruskan kepada penjual.
  • Tingkat perputaran atau turnover adalah tinggi atau cepatnya perputaran aktiva saat operasional.

Rumus ROI dan Contohnya

ROI= total penjualan-investasi

         Investasi X 100%

Sebagai contoh, Anda berinvestasi sebanyak 10.000.000 dan hasil dari penjualan sebanyak 15.000.000 maka laba yang  Anda peroleh sebanyak 5.000.000. Apabila hasil rumus ROI tersebut disimpulkan dalam bentuk persentase maka hasilnya sebanyak 50%.

Sebelum menghitung ROI hal pertama yang harus dilakukan yaitu memperoleh informasi berupa banyaknya penjualan atau laba dari investasi tersebut. Setelah itu, besaran investasi awal yang digunakan sebagai dana operasional untuk belanja dan upah bagi karyawan. Langkah selanjutnya yaitu menghitung hasil antara total penjualan dikurangi investasi awal dibagi hasil dari perkalian antara investasi awal dan 100%. Dan hasil terakhir itulah yang dimaksud dengan ROI.

Dalam berbisnis harus memperhatikan seberapa banyak dana yang diinvestasikan agar target penjualan tercapai dan mendapatkan hasil yang sesuai. Demikian pula dengan perhitungannya, Anda dapat menggunakan rumus ROI untuk menghitung keuntungan yang diperoleh dalam bisnis.

Referensi: https://belajardm.com/rumus-roi/

By crystal