cat interior

Ruang tamu yang memiliki nuansa keakraban menjadikan orang lain merasa lebih diterima dengan baik oleh Anda. Cara paling tepat untuk mewujudkannya adalah dengan memilih warna cat interior ruang tamu yang terkesan hangat.

Sebab, kelompok warna hangat dapat memunculkan suasana yang akrab, bersahabat dan ramah. Dengan begitu, ruang tamu akan menjadi tempat yang nyaman untuk berbincang. Walaupun satu warna saja sebenarnya cukup namun mengkombinasikan 2 warna jelas lebih menarik.

Rekomendasi 6 Perpaduan Warna Cat Interior Ruang Tamu

cat interior

1. Warna Oranye dan Putih

Oranye masuk dalam warna hangat yang dapat Anda kombinasikan dengan warna netral seperti putih. Kesan hangat pada warna oranye sangat kental karena berasal dari percampuran kuning dan merah yang sama-sama memiliki efek hangat yang kuat.

Sebagai kombinasi, warna putih memainkan peran untuk membuat ruang tamu Anda terkesan lebih luas dan bersih. Pilihan yang pas kalau kebetulan ruang tamu Anda sedikit sempit. Namun, jangan jadikan putih sebagai warna yang lebih mendominasi karena akan terlihat membosankan.

2. Warna Merah dan Mustard

Ruang tamu yang bersahabat dapat Anda ciptakan dengan cat interior warna merah. Dengan mengaplikasikannya pada salah satu sisi dinding, ruang tamu akan lebih hidup, beraura hangat dan penuh energi.

Sedangkan penggunaan warna mustard dapat memberikan sentuhan yang menawan untuk ruang tamu Anda. Nilai estetika ruang akan bertambah sebab kombinasi merah – mustard menjadikan dinding tidak kusam dan lebih terawat. 

3. Warna Kuning dan Abu-Abu

Warna ruang tamu untuk kesan akrab sekaligus ceria bisa Anda dapatkan dari perpaduan kuning dan abu-abu. Karakter alami warna kuning memang cerah dan ceria. Warna ini juga mampu memanipulasi ruangan menjadi lebih lapang.

Mengkombinasikan warna kuning dengan warna yang lebih gelap seperti abu-abu memang dibutuhkan. Kehadiran cat abu-abu akan memberikan kontras yang cantik dan sedikit meredam silau dari warna kuning. Suasana yang tentram juga dapat Anda rasakan berkat warna abu-abu. 

4. Warna Coklat dan Army Green

Selain putih, coklat merupakan warna favorit sejuta umat. Tidak hanya terkesan hangat, coklat juga bisa menyulap ruang tamu menjadi lebih elegan dan mewah. Ruangan yang dicat dengan warna coklat akan membuat Anda dan tamu merasa aman serta nyaman.

Penggunaan warna army green akan memunculkan harmoni yang indah dengan coklat. Warna tersebut identik dengan alam sekitar seperti pepohonan sehingga ruang tamu Anda terasa fresh dan homey.  

5. Warna Oranye dan Hitam

Tidak ada salahnya memilih warna hitam untuk dipadukan dengan oranye. Sebab, hitam tidak selalu identik dengan kesan suram dan menakutkan. Justru, warna hitam akan memberikan aksen tegas pada ruang tamu Anda.

Kontras dari warna oranye dan hitam mampu melahirkan visual ruang tamu yang lebih unik dan menarik. Suasana hangat bercampur dengan atmosfer penuh semangat dapat terasa dengan mudah.

Anda tidak harus mewarnai keseluruhan satu sisi dinding dengan warna hitam. Menjadikan warna hitam sebagai garis horizontal di bagian tengah dinding, misalnya, juga cukup untuk menambah estetika ruang tamu.

6. Warna Kuning dan Biru

Warna biru merupakan cat ruang tamu yang identik dengan kesegaran alam karena dekat dengan laut dan langit. Saat dikombinasikan dengan kuning, ruang tamu Anda dijamin akan lebih hidup sekaligus ada efek tenang yang dipancarkan.

Mengkombinasikan warna untuk ruangan memang menyenangkan apalagi jika sudah ada rekomendasi yang bisa dipertimbangkan. Dari segi kualitas produk, Anda perlu memilih cat interior ruang tamu yang memiliki daya tutup tinggi sehingga permukaan dinding lebih halus.

Daya tutup yang bagus juga akan menghasilkan warna yang lebih nyata dan cemerlang. Selain itu, prioritaskan untuk membeli cat interior yang terbebas dari jamur, lumut, debu, kotoran lain, menutup sempurna retakan, dan warna yang tidak mudah pudar.

By crystal