Seperti yang kita ketahui bahwa WordPress tidak dirancang untuk menyajikan platform multibahasa. Namun, komunitas WordPress sudah memecahkan masalah ini dengan mengembangkan plugin yang dapat menerjemahkan website Anda ke dalam berbagai bahasa. Terdapat beberapa cara untuk membuat situs WordPress Anda didukung oleh multibahasa. 

Secara umum, untuk membuat WordPress multi bahasa dapat Anda lakukan dengan memasang WordPress di lebih dari satu bahasa dan menggunakan plugin. Sehingga, para pengunjung atau pengguna bisa beralih dari bahasa satu ke bahasa lain sesuai dengan kebutuhan. 

Terdapat beberapa plugin yang bisa Anda gunakan untuk membuat situs WordPress multibahasa. Berikut adalah beberapa plugin multi bahasa terbaik yang dapat Anda gunakan.

1. Weglot

Rekomendasi plugin pertama yaitu Weglot. plugin ini diciptakan sebagai solusi bagi pengguna WordPress yang ingin situs miliknya mendukung website multi bahasa . Weglot adalah salah satu plugin terjemahan terbaik dan juga termudah dalam menerjemahkan sebuah situs WordPress tanpa perlu pengetahuan perihal coding.

Adapun kelebihan plugin ini yaitu dapat mendeteksi serta menerjemahkan semua konten yang ada di WordPress Anda ke dalam bahasa apapun. Selain itu, Weglot juga menyediakan dashboard khusus untuk mengedit terjemahan. Plugin Weglot mendukung lebih dari 60 bahasa. Plugin ini dapat membantu Anda untuk menerjemahkan situs dalam waktu yang singkat dengan tidak melakukan kode apapun. Selain dapat menerjemahkan, plugin ini juga menyediakan dukungan untuk SEO.

2. WPML

Plugin WPML dapat membantu Anda dalam mengatur postingan multi bahasa dalam satu postingan per satu bahasa. Plugin ini akan menerjemahkan halaman, postingan, menu, teks dalam tema, dan yang lainnya. Plugin ini dapat bekerja di situs WordPress dengan instalasi tunggal. Disini Anda bisa memilih lebih dari 40 bahasa. Selain itu, Anda juga bisa mengatur isi bahasa yang berbeda-beda di dalam domain yang sama. Namun perlu Anda ketahui bahwa ini merupakan plugin berbayar.

3. Polylang

Polylang merupakan salah satu plugin multi bahasa yang paling banyak diunduh oleh pengguna WordPress. Oleh karena itu, Polylang adalah pilihan yang tepat untuk Anda gunakan dalam membuat situs WordPress multibahasa. Adapun kabar baiknya yaitu bahwa plugin ini hadir dengan fitur yang lengkap dan tentunya gratis. Dengan plugin ini, Anda bisa menggunakan berbagai bahasa yang Anda butuhkan.

Polylang dapat membantu Anda dalam menerjemahkan tulisan di halaman website, media, posting tag, menu, dan masih banyak lagi. Bahasa yang ingin digunakan bisa Anda atur menggunakan konten maupun kode bahasa dalam bentuk URL. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan domain yang berbeda untuk tiap bahasa yang Anda gunakan. Switcher bahasa juga dapat disesuaikan dan digunakan sebagai widget.

4. Xili Language

Rekomendasi plugin selanjutnya adalah Xili Language. Dengan plugin ini Anda dapat menerjemahkan konten WordPress ke dalam berbagai bahasa serta menyediakan widget sebagai menu perubahan bahasa. Dengan begitu, para pembaca bisa memilih bahasa yang dibutuhkan.

Untuk menambahkan bahasa menggunakan plugin ini, Anda bisa menambahkannya dari daftar di dashboard. Disini Anda dapat mengatur supaya pilihan bahasa muncul dalam daftar. Setelah itu, Anda harus memilih server guna memperbarui file .mo.

Setelah menginstal bahasa yang dibutuhkan, Anda sudah bisa menerjemahkan postingan Anda ke dalam bahasa lain. Postingan Anda dapat diterjemahkan ke dalam bahasa lain dan disimpan sebagai draft. 

5. Loco Translate

Ini merupakan salah satu rekomendasi plugin terbaik, sebab plugin ini sudah memiliki lebih dari 1 juta pengguna dengan rating bintang 5. Plugin Loco Translate ini dapat menerjemahkan bahasa di dalam browser dan langsung terintegrasi dengan layanan translate secara otomatis. Adapun fitur-fitur yang disediakan oleh Loco Translate yaitu:

  • Editor alih bahasa di dalam WordPress admin
  • Terintegrasi dengan API terjemahan
  • Terdapat update file bahasa
  • Fitur keyboard shortcut
  • Terdapat extract translation strings dari source code

6. Google Language Translator

Plugin ini sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari rekomendasi plugin multi bahasa yang ringan. Perlu Anda ketahui bahwa plugin ini kini telah menjadi bagian dari plugin GTranslate. Secara fitur, plugin ini telah terintegrasi dengan beberapa layanan Google. Plugin ini juga tersedia dalam versi berbayar dan memiliki fitur yang lebih lengkap. Jadi, Anda bisa pilih sesuai kebutuhan ya.

7. Translate Press

Plugin ini menyediakan fitur real-time translate dari halaman front-end. Artinya, Anda dapat menerjemahkan dengan live preview secara langsung. Anda bisa menerjemahkan konten, plugin, meta, dan yang lainnya tanpa merubah interface pada website. Perlu Anda ketahui bahwa plugin ini sudah kompatibel dengan semua template yang ada di WordPress. Plugin ini cocok untuk Anda gunakan untuk menerjemahkan ke semi manual dan tidak banyak halaman yang ingin Anda terjemahkan.

8. Transposh

Plugin ini mempunyai fitur untuk mengkombinasikan terjemahan secara otomatis dan manual. Sehingga hasilnya pun dapat lebih maksimal. Selain itu, plugin ini memiliki tampilan dashboard yang menarik. Untuk menggunakannya, Anda cukup memilih bahasa yang diinginkan. Kemudian pasang widget sesuai dengan lokasi yang Anda inginkan. Hal ini bertujuan supaya pengunjung dapat memilih bahasa yang dibutuhkan. Untuk hal kosakata yang dimiliki, plusin ini telah terhubung dengan Google API, API MSN, dan layanan penerjemah profesional lainnya.

9. Lingotek Translation

Rekomendasi plugin selanjutnya adalah Lingotek Translation. Plugin ini menawarkan terjemahan ke bahasa lain dengan berbasis cloud. Adapun fitur yang disediakan yaitu terdiri dari terjemahan otomatis, serta terjemahan dari profesional hingga komunitas.

Plugin ini dapat membantu proses terjemahan website dengan cepat. Cukup pilih fitur mana yang ingin Anda gunakan. Fitur yang tersedia disini merupakan fitur yang sangat menarik. Sebab, sudah ada lebih dari 5.000 pengguna yang tergabung di dalamnya. Anda bisa mengunduh plugin ini melalui WordPress.org.

10. My WP Translate

Untuk Anda yang sudah berkecimpung di dunia WordPress pasti sudah tidak asing dengan plugin yang satu ini. Sebab, plugin ini memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Adapun beberapa fitur yang disediakan antara lain:

  1. Translate dari WordPress backend
  2. Translate dari tema WordPress apapun
  3. Translate dari plugin WordPress apapun
  4. Tidak perlu coding
  5. Terdapat Import dan export string
  6. Support system 24×7

Itulah beberapa rekomendasi plugin terbaik untuk wordpress multibahasa yang bisa Anda gunakan. Selamat mencoba.

By crystal