Sebelum hadirnya teknologi LED, yaitu pada saat adanya bola lampu pijar yang dimana cara menentukan kecerahannya menggunakan jumlah watt yang dicetak pada kemasannya. Namun seiring berjalannya waktu kini bohlam LED masa kini, kecerahan diukur dalam lumen.

Tunggu mungkin istilah lumen masih asing untuk Anda, atau pernah mendengarnya namun sulit membedakan dengan watt? Belum lagi permasalahan bagaimana menentukan bohlam LED mana yang Anda butuhkan untuk pencahayaan Anda?

Tenang jangan khawatir karena kami akan memberikan panduannya

Pertama bicara watt, menjadi indikator yang sejak lama dikenal oleh para pengguna bohlam pijar. Umumnya jika semakin banyak watt, semakin terang bohlamnya. Namun aturan ini sudah tidak berlaku lagi untuk bohlam LED.

Pasalnya sebuah LED yang menggunakan 60 watt sama sekali tidak sebanding dengan lampu pijar yang menggunakan 60 watt. Faktanya, LED dengan ukuran 60 watt mungkin saja sangat menyilaukan mata.

Pasalnya dengan teknologi LED dirancang untuk menggunakan lebih sedikit energi, meskipun dengan nilai watt yang jauh lebih rendah. Dengan kata lain tidak ada hubungan yang signifikan antara watt dengan kecerahan.

Saat ini sendiri produk lampu ini menggunakan lumen untuk menilai bohlam itu sendiri. Jika Anda mempertanyakan seberapa akurat, maka tidak perlu khawatir karena lumen adalah indikasi akurat.

Mengenal lumens lebih dekat

Memang lumens bukanlah konsep baru dalam cahaya led, akan tetapi belum semua orang mengetahuinya. Fakta lainnya ini adalah peringkat yang telah digunakan selama beberapa dekade sebagai ukuran seberapa banyak cahaya yang dipancarkan bohlam, hingga pada tahun 2011, Komisi Perdagangan Federal AS mulai mewajibkan produsen lampu fluoresen kompak, pijar, dan lampu LED untuk menggunakan lumen sebagai indikasi seberapa terang bohlam itu.

Dapat dikatakan lumens berbeda dengan watt, karena jika isitilah watt digunakan untuk mengukur penggunaan energi, sementara lumens kecerahan.

Sehingga perlu dipahami jika mengandalkan pengukuran watt saja menyulitkan konsumen untuk membandingkan lampu pijar tradisional dengan lampu yang lebih efisien, seperti lampu fluorescent.

Pada kemasan, peringkat lumen ditunjukkan dengan angka diikuti dengan “lm”, singkatan dari lumens. Semakin tinggi peringkat lumen, semakin terang bohlamnya.

 

Memilih bohlam yang tepat

Cara termudah untuk mengetahui bohlam apa yang Anda butuhkan adalah dengan menggunakan keranjang konversi pijar / LED.

Katakanlah jika Anda biasanya menggunakan lampu pijar 60 watt, misalnya, dan mungkin ingin memilih bohlam LED yang memiliki penerangan yang sama, maka gunakanlah 8 hingga 12 watt dengan peringkat lumen 800 untuk mendapatkan kecerahan yang sama.

Namun perlu diingat jika jenis lampu led juga sangat berbeda-beda, sesuai dengan warna dan kecerahan. Misalnya lampu led berwarna netral cocok untuk digunakan sebagai lampu kerja, alasannya jelas karena warna putih netral tidak menyakiti mata walaupun digunakan waktu yang lama.

Sedangkan warna kuning sangat baik digunakan untuk lampu pada cafe, maupun ruangan yang memerlukan ambient yang hangat. Dapat digunakan sebagai lampu sorot, maupun membuat ruangan terasa luas.

Terakhir ada warna putih kebiruan yang membuat ruangan lebih cerah, dan cocok diletakan pada plafon.

Saat ini sendiri sudah banyak penerangan hemat energi yang menawarkan jumlah watt berbeda dari berbagai produsen. Namun jangan terkecoh dengan harga yang murah, karena ingat lampu adalah investasi jangka panjang. Sehingga percayakan pada ACE Online yang selalu memberikan kualitas terbaik.

Alasan lainnya mengapa Anda dapat mempercayakan kebutuhan Anda pada ACE, karena kami memberikan fitur eye care yang melindungi mata penggunanya. Selain itu kami memberikan garansi mulai dari 2,3 sampai 5 tahun sesuai produk yang dipilih. Kami juga menyediakan harga lampu led yang berbeda-beda

Kelebihan lainnya setiap pengguna dapat menukarkan bohlam langsung kepada crew di store tanpa harus membawa struk pembelanjaan terlebih dahulu.Sangat mudah bukan berbelanja di ACE ? tunggu apalagi yuk kunjungi ACE Online sekarang juga

 

By crystal