Mungkin Anda pernah belajar ataupun menemukan himbauan bahwa sampah itu harus dipisahkan sebelum dibuang. Oleh karena itu biasanya Anda menemukan dua jenis tempat sampah yaitu tempat sampah organik dan anorganik.

Kedua sampah ini paling sering dihasilkan oleh masyarakat selama ini, terutama sampah rumah tangga. Anda bisa mengenali sampah organik seperti sampah sisa makanan, sayuran, buah, sampah tumbuhan atau sampah lain yang mudah terurai. Sedangkan anorganik dikenal juga dengan sampah plastik yang sulit terurai.

Mengapa masyarakat harus memisahkan kedua sampah ini?

Pentingnya Tempat Sampah Organik dan Anorganik

Sampah menjadi masalah yang serius untuk saat ini karena dampak yang ditimbulkannya banyak. Mulai dari pencemaran lingkungan hingga banjir bisa disebabkan oleh sampah.

  • Waktu yang Dibutuhkan untuk Terurai

Sampah organik sebaiknya dipisahkan dari sampah anorganik, jenis sampah ini sangat mudah terurai. Bahkan relatif cepat mengalami penguraian, contohnya sisa makanan, kulit buah, sayuran dan sisa masakan dapur.

Sedangkan jenis sampah anorganik akan sulit terurai, dan ini yang sering menjadi masalah. Contohnya plastik bekas makanan atau minuman, botol, kaleng dan yang lainnya.

Sampah ini tidak akan terurai dengan cepat meski dibakar sekalipun, paling bisa didaur ulang menjadi benda lain. Sampah anorganik masih memiliki nilai ekonomis jika Anda bisa mendaur ulang menjadi benda yang berguna.

Jadi memisahkan sampah ini memiliki peran penting karena keduanya berbeda dalam hal penguraian.

  • Bisa membuat hidup lebih sehat

Tak disangka bahwa memisahkan sampah berdampak bagus untuk kesehatan manusia. Dengan pemisahan sampah, Anda bisa menghindari penumpukan sampah yang tercampur sehingga baunya semakin tidak sedap.

Sampah yang menumpuk rawan dijadikan sebagai sarang kuman dan bakteri penyebab penyakit. Ditambah lagi penumpukan sampah bisa memicu terjadinya pencemaran udara.

Dengan pembuangan sampah organik dan anorganik dipisah, setidaknya Anda juga ikut meningkatkan kualitas lingkungan. Baik lingkungan udara atau air yang sama-sama penting untuk kehidupan.

 

Tempat sampah organik dan anorganik yang dipisah juga memudahkan orang yang akan mendaur ulang sampah. Orang tersebut tak perlu membongkar atau mengorek-ngorek kembali tempat sampah yang bisa membuatnya berantakan.

By crystal