Dalam sebuah cerita yang menceritakan tentang seseorang tentunya kita harus meminta izin kepada orang yang bersangkutan atau seorang tokoh tersebut supaya orang tersebut bahwa kehidupannya akan dibukukan.

Oleh sebab itu untuk membuat suatu biografi seseorang haruslah mengenai seseorang yang baik bukan sebaliknya, yang mana orang tersebut dapat memberikan dampak bagi orang lain.

 

Pengertian Biografi

Biografi yaitu salah satu tulisan yang di dalamnya membahas mengenai suatu kehidupan seseorang. Secara singkatnya biografi dapat diartikan sebagai kisah riwayat hidup dari seseorang. Tak hanya itu biografi juga bisa di artikan dengan suatu kisah maupun suatu keterangan perjalanan dari kehidupan seorang narasumber yang berasal dari kisah nyata.

Istilah biografi berasal dari bahasa yunani yaitu dari kata bios dan graphien. Kata bios artinya hidup sedangkan graphien artinya tulis. Di dalam biografi ada beberapa baris maupun lebih atau satu buku yang panjang. Biografi dibedakan menjadi 2 yaitu biografi singkat dan biografi panjang.

Biografi singkat yaitu salah satu biografi yang di dalamnya hanya berisikan tentang fakta-fakta singkat dari kehidupan seseorang yang mempunyai peran yang penting dalam bidang-bidang tertentu. Sedangkan biografi panjang yaitu salah satu biografi yang berupa informasi-informasi penting yang ditulis dengan lebih detail serta memiliki tulisan dengan gaya cerita yang menarik dan baik.

Disini biografi membutuhkan sumber maupun bahan pendukung yang baik itu dari buku harian, daru kliping Koran, dan berbagai sumber lainnya. Sedangkan untuk bahan yang menjadi pendukung umumnya berupa buku referensi yang mana didalamnya menjelaskan tentang peranan dari seseorang yang terdapat dalam biografi tersebut.

Ciri-Ciri Biografi

  • Struktur dari biografi terdiri atas orientasi, peristiwa, serta reorientasi.
  • Informasi sifatnya fakta yang diberikan di dalam bentuk narasi atau dalam bentuk suatu cerita.
  • Fakta yang yang mana ceritanya berdasarkan peristiwa hidup dari seseorang yang selanjutnya di narasikan dalam bentuk tokoh biografi.

Struktur Biografi

Berikut ini Struktur yang terdapat dalam biografi diantaranya berikut:

  • Orientasi
  • Peristiwa dan Masalah
  • Reorientasi

 

Itulah penjelasan mengenai biografi semoga menambah wawasan anda, terima kasih.

Sumber : https://www.studinews.co.id/

By crystal