Bagi mereka yang mengenakan hijab, sebenarnya ada banyak pilihan outfit yang bisa digunakan saat menghadiri interview kerja. Selain itu, untuk melengkapi kebutuhan melamar kerja, jangan lupa untuk melihat berbagai contoh dari surat lamaran kerja sebelum anda mencoba melamar.

Saat menjalani interview kerja, penampilan menjadi salah satu faktor penentu yang sangat penting selain jalannya wawancara itu sendiri. Pastikan Anda mengenakan penampilan yang rapi, bersih, dan juga formal. Meski begitu, formal tidak harus selalu hitam dan putih, ada banyak pilihan outfit yang bisa digunakan.

Pilihan Pakaian saat Wawancara bagi Wanita Berhijab

  1. Menggunakan Gaun Panjang
    Gaun panjang atau maxi dress merupakan salah satu pilihan pakaian terbaik bagi Anda yang akan menghadiri wawancara kerja. Ada banyak pilihan warna maxi dress yang bisa Anda kenakan, namun sebaiknya gunakan warna-warna kalem ataupun warna nude.

    Menggunakan gaun terusan memiliki banyak keuntungan bagi wanita berhijab. Selain menunjukkan kesan formal, gaun terusan juga akan menonjolkan sisi feminim si pemakai dan juga membuat tubuh tampak lebih ramping.

    Agar tidak terlihat membosankan, Anda bisa mengenakan maxi dress dengan tambahan detail berupa peplum di bagian depan. Padu padankan penampilan Anda dengan sepatu high heels yang tidak terlalu tinggi atau runcing. Buat penampilan Anda semakin manis dengan tas tangan putih tulang.

  2. Menggunakan Setelan Celana Panjang dan Blouson
    Blouson merupakan jenis pakaian blus kaum hawa yang dibuat dari material ringan sehingga mudah mengikuti lekuk tubuh. Blouson ini dibuat dengan aksen kerutan pada pinggul yang kemudian dijahit sehingga lebih kuat namun tetap longgar saat dikenakan.

    Menggunakan setelan celana panjang dan juga blouson bisa menjadi pilihan yang sangat tepat bagi Anda saat menghadiri wawancara kerja. Pilihlah warna-warna yang earthy seperti abu-abu, milo, moka, dan sebagainya.

    Anda bisa memilih warna yang sama sehingga membentuk setelan untuk celana panjang dan blouson. Padu padankan dengan kerudung berwarna sama ataupun warna-warna netral lainnya. Sempurnakan penampilan Anda dengan menggunakan sandal heel block yang memiliki tambahan detail strip bening.
     

  3. Mengenakan Rok Plisket dan Midi Dress
    Untuk Anda yang ingin tampil feminim namun tidak mau menggunakan gaun panjang maxi dress, maka cobalah untuk mengkombinasikan midi dress dengan rok plisket. Midi dress dengan panjang medium mencapai lutut atau sedikit di bawah lutut bisa dipilih.

    Gunakan warna-warna earthy ataupun kalem untuk pilihan midi dress. Anda juga bisa menggunakan midi dress dengan kain warna hitam bermotif garis-garis putih tulang. Sementara untuk rok plisketnya bisa dipilih warna krem ataupun putih tulang. Dijamin penampilan Anda akan tampak formal namun tetap bergaya.

    Sempurnakan dengan sandal heel block yang memiliki aksen berupa strip putih di depan. Untuk warna kerudungnya sendiri bisa dipilih abu-abu gelap.
     

  4. Kombinasi Cardigan, Kemeja dan Celana Panjang
    Mengenakan cardigan saat wawancara kerja dijamin tidak akan mengurangi tingkat formalitas dari pakaian Anda. Sebaliknya, dengan kombinasi yang tepat, menambahkan cardigan akan membuat Anda tampak berbeda namun tetap resmi saat wawancara.

    Pilih long cardigan dengan warna pastel berikut pula dengan celana berbahan kulot. Jika memungkinkan gunakan warna yang sama untuk cardigan dengan celana panjang, misalnya krem tua. Sementara untuk atasannya gunakan kemeja warna krem muda yang dimasukkan ke dalam celana panjang.

    Sempurnakan penampilan dengan kitten heels warna sedikit lebih gelap. Anda siap berangkat wawancara sekarang.

Masih banyak cara untuk memadu padankan pakaian bagi wanita berhijab saat wawancara kerja. Pastikan tampilan Anda tidak terlalu mencolok dan tetap formal.

 

By crystal