pendirian cv

Perusahaan harus mempunyai badan usaha yang disesuaikan dengan kebutuhannya. jenis badan usaha juga ada bermacam macam dan salah satu bentuk badan usaha yang paling populer adalah CV. CV biasanya dijalankan oleh usaha yang mempunyai dana yang terbatas serta masih dalam skala yang kecil. CV kalah populer dibandingkan PT dan CV layak untuk kita kenali lebih jauh.

pendirian cv

CV adalah perusahaan yang berdiri atas dasar kepercayaan dan didirikan oleh perorangan dan bisa juga didirikan oleh kelompok. Jika didirikan oleh kelompok makan nantinya kepemimpinan harus diberikan kepada seorang saja. Orang ini nantinya diberikan amanah untuk mengurus hal yang diperlukan oleh perusahaan.

Dalam CV ada dua pihak di dalamnya yaitu sekutu aktif dan sekutu pasif. Peran kedua sekutu ini berbeda dan memiliki tanggung jawab yang berbeda. Sekutu aktif adalah orang yang secara langsung menjalankan kegiatan usaha sedangkan sekutu pasif adalah pihak yang hanya menyertakan modal saja namun tidak turut dalam urusan usaha. CV merupakan kerjasama yang dilakukan kedua belah pihak dalam menjalankan usaha.

Yang membedakan CV dan PT yaitu statusnya. Jika PT adalah badan usaha yang mempunyai status badan hukum sedangkan CV hanya badan usaha yang tidak berstatus badan hukum. Selain itu dalam pendiriannya CV merupakan kesepakatan dua pihak yang dinamakan dengan sekutu. Sedangkan PT didirikan setidaknya oleh dua orang yang kesepakatan modal yang ditentukan pendiri PT dengan investor.

Dalam pengurusannya, CV diurus oleh sekutu aktif dan sekutu pasif hanya melakukan penyertaan modal aja. Berbeda dengan PT, CV diurus dan banyak keputusan dilakukan oleh direksi dengan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Untuk dapat mendirikan CV yang maju maka sebaiknya usaha mempunyai strategic plan dan business plan yaitu rencana bisnis kedepannya. Ini akan memandu sebuah usaha untuk dapat terus maju dan berkembang. Dengan adanya rencana dan strategi nantinya usaha akan lebih baik dan efisien dalam memecahkan masalah, mempunyai target jangka pendek dan panjang, dan mempunyai tujuan yang jelas yang hendak dicapai.

Referensi : Pendirian CV + Ijin + NPWP (Akta, SK, OSS, dan NPWP)

By crystal