Jual Komponen dan Aksesories Baja Ringan Murah Untuk Pembangunan

Kita bersama telah mengetahui bahwa saat ini Negara Indonesia sedang dilanda wabah Covid-19 yang terus berkelanjutan, namun bukan berarti tahap dan proses pembangunan akan diberhentikan atau menjadi salah satu kendala dalam pekerjaan.

Akan ada banyak pembangunan kedepan ini yang terus berjalan sesuai perencanaan dan yang perlu diperhatikan adalah penggunaan dari bahan bakunya. Khusus untuk pembuatan atap rumah yang lebih diperuntukkan adalah penggunaan baja ringan.

Tentu timbul pertanyaan, mengapa harus baja ringan ? kenapa bukan kayu saja yang sudah biasa dipakai ? Untuk menjawab pertanyaan ini saya akan menjelaskan mengenai Komponen dan Aksesoris apa saja yang dimiliki baja ringan dan mengapa harus menjadi pilihan dalam pembuatan konstruksi atap rumah.

Komponen Atap Baja

Komponen yang ada dalam atap baja terdiri dari beberapa jenis desain dan juga bahan lapisan tertentu. Komponen yang pada umum digunakan dalam atap baja adalah sebagai berikut :

1. Lembar Baja

gulungan baja yang panjang yang telah dilapisi dengan cat. Mulai dari koil baja /lembaran logam, kemudian diluncurkan, dipotong. Lalu digulung hingga menjadi panel. dan siap untuk dipasang di atap rumah.

2. Seam

Seam merupakan rangka dari atap baja ringan yang berada di bagian kiri dan kanan sebagai tempat dua panel baja berkaitan. Setiap lembarannya dibentuk menggunakan rollformer yang kemudian disatukan secara mekanis. Panel merupakan potongan gulungan baja yang sudah dibentuk menjadi struktur ribbing yang diinginkan. Setelah itu disatukan bersama membentuk suatu atap.

Jual Komponen dan Aksesories Baja Ringan Murah Untuk Pembangunan

3. Panel

Panel merupakan potongan gulungan baja yang sudah dibentuk menjadi struktur ribbing yang diinginkan. Setelah itu disatukan bersama membentuk suatu atap.

4. Profil

Bagian Profil menentukan bagaimana baja ringan akan sesuai dan terhubung secara bersamaan. Profil dibentuk dari panel baja yang telah didesain sedemikian rupa.

5. Rollforming Equipment

Berupa mesin, baik peralatan stasioner ataupun portabel yang akan membentuk koil menjadi panel individual.

 

Aksesoris Dalam Pemasangan Atap Baja

Struktur penempatan atap baja ringan memerlukan bahan pendukung. Material ini sangat kompleks hingga atap mempunyai kemampuan yang kuat dari segala goncangan dan bahan yang menimpanya. Bahan pendukung yang dimaksud yaitu :

1. Underlayment

Underlayment merupakan susunan material yang posisinya berada di bagian bawah panel baja. Lapisan ini memberikan perlindungan dari air dan juga kelembaban, suhu tinggi dan juga uap. Underlayment secara umum dipasang dengan cara mekanisme / self-adher dengan didukung lem pada atap.

2. Clips

Clips biasanya digunakan untuk pemasangan panel atap baja ringan ke dek atap. Clips ini terletak di bagian lembaran panel bawah kemudian dilekatkan pada dek atap. Kemudian Clips diletakkan di panel bagian bawah, panel atas ditempatkan di bagian atas klip dan dua panel terpasang bersamaan. 

3. Fasteners

Fasteners ini merupakan sekrup yang digunakan untuk pemasangan atap baja ringan ke bagian dek atap selama pemasangan Clips.

4. Sealant

Sealant dipergunakan selama instalasi sebagai penyegel air, kotoran dan juga zat lainnya yang bisa kemungkinan masuk ke celah kecil. Biasanya sealant terbuat dari silikon atau poliuretan yang keluar dari tabung sebagai penyegel fleksibel kering. Pada umumnya sealant tersedia dalam warna yang sesuai dengan panel atap.

5. River

River adalah paku keling yang mirip dengan pengencang, tetapi masih membutuhkan pistol paku keling yang khusus untuk penginstalan.

5. Butyl Tape

Cara penggunaan Pita Butil sama dengan sealant dengan cara menyegel celah dan juga sambungan pada atap baja. Biasanya juga digunakan untuk tujuan pemangkasan.

6. Klem

Klem merupakan bagian logam kecil yang telah dirancang dan dilekatkan pada bagian atas atap baja. Klem memiliki sekrup pada bagian tas yang berguna untuk memasang item atap tambahan. Tambahan tersebut seperti parabola, panel surya, unit AC dan lainnya.

7. Pipe Boot

Pipe Boot merupakan fitting berbentuk kerucut yang dipasang pada sekitar pipa knalpot yang keluar dari atap. Produk ini terbuat dari silikon yang tersedia untuk aplikasi dalam suhu tinggi. Boot Pipe memiliki warna yang berbeda-beda sehingga dapat dibeli sesuai keinginan Anda. Pipe Boot ini dapat dipotong berdasarkan dengan diameter pipa knalpot yang kemudian disegel ke pipa dan juga permukaan baja ringan.

Komponen dan juga aksesoris dari atap baja ringan merupakan hal yang paling penting. Komponen atap baja dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi Anda. Begitu juga dengan Aksesoris yang dapat digunakan untuk menyeimbangkan atap baja ringan.

 

Dapatkan Komponen dan Aksesoris Baja Ringan DISINI Atau dengan menghubungi : 08116562065 beserta dengan Harga dan Pemasangannya….

 

Semoga Artikel ini Membantu . . .  Terimakasih . . .

By crystal