Septic tank merupakan bak atau tempat penampungan kotoran berupa tinja dan yang lainnya. Kesalahan masyarakat biasanya mengakibatkan septic tank meluap dan harus ditangani oleh penyedia jasa sedot WC untuk mengatasinya.

Biasanya dinding septic tank terbuat dari bata dengan penutupnya berbahan beton agar lebih kuat. Kemudian dilengkapi juga dengan pipa angin-angin berbentuk T sebagai sirkulasi udara agar bakteri pengurai bisa tumbuh dengan baik.

Bakteri tersebut berfungsi sebagai pengurai tinja atau kotoran yang ada di septic tank sehingga tidak mudah meluap. Lalu apa penyebabnya jika tetap bisa meluap?

Penyebab Septic Tank Bisa Meluap

  • Kesalahan desain septic tank

Ketika memulai pembangunan rumah hingga septic tank perlu diperhatikan baik-baik. Dimana idealnya tangki septic tank disesuaikan kembali antara ukuran dan jumlah penghuni rumah.

Ukuran yang kecil dengan jumlah penghuni rumah cukup banyak tentu bisa meluap dengan mudah.

  • Tidak memperhatikan pipa angin-angin

Sebagian masyarakat bahkan tidak menyediakan sirkulasi udara untuk septic tank yang dimilikinya. Hal ini tentunya cukup berbahaya karena proses penguraian oleh bakteri akan lebih lama sehingga septic tank bisa meluap karena penuh.

Untuk itu Anda perlu menggunakan jasa sedot WC dari Sedot WC Abadi untuk mengurasnya. Tak hanya itu, tanpa adanya pipa angin-angin tekanan udara di dalam bisa menyebabkan ledakan.

  • Septic tank tidak dikuras secara berkala

Perlu penyedotan septic tank secara berkala agar volumenya tidak menumpuk dan bisa meluap. Namun saat penyedotan septic tank, tak perlu dikuras hingga habis karena bisa mengurangi jumlah bakteri pengurai.

Kehilangan bakteri pengurai juga berarti membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk melakukan proses penguraian kotoran.

  • Membuang cairan berbahan kimia ke closet

Hindari membuang cairan pembersih atau antiseptik ke dalam septic tank, akibatnya sangat berbahaya untuk kehidupan bakteri pengurai. Bakteri tersebut akan terbunuh secara massal sehingga  menghambat proses dekomposisi.

Bakteri pada septic tank bisa mengubah tinja atau feses menjadi limbah cair setelah melalui proses penguraian.

Meski begitu, jika septic tank meluap Anda bisa memilih jasa sedot WC untuk menangani masalah tersebut. Pastikan juga untuk tidak melakukan beberapa penyebab yang sudah disebutkan di atas.

By crystal