Daftar Bengkel Bubut di Kota Malang - Ngalam.co

Kehadiran bengkel bubut sekarang ini tidak seperti bengkel – bengkel yang lain, seperti bengkel motor atau bengkel mobil. Seperti namanya, bengkel bubut memerlukan mesin bubut selaku ‘alat utama' untuk melakukan pembubutan atau pemangkasan.

Beberapa jenis Mesin Bubut

Mesin bubut menurut tipe kerjanya bisa dipisah jadi empat, yaitu mesin bubut berat, standard, sedang dan ringan. Berikut keterangan selengkapnya:

1. Mesin Bubut Berat

Mesin bubut berat ialah mesin bubut yang pas dipakai untuk pekerjaan berat dan banyak. Ya, mesin bubut ini mempunyai kemampuan produksi yang banyak. Mesin bubut berat sudah di lengkapi dengan bahan roda gerigi.

Selain itu, mesin bubut berat di lengkapi dengan tingkat kecepatan yang paling maksimal. Umumnya, tipe mesin ini dipakai di industri – industri besar.

Daftar Bengkel Bubut di Kota Malang - Ngalam.co

2. Mesin Bubut Standar

Mesin bubut standar bisa dipakai untuk beberapa pekerjaan berat. Tipe mesin ini sudah dilengkapi perlengkapan tambahan, seperti rem untuk hentikan mesin secara genting, lampu kerja dan keran pendingin dan tempat untuk memuat.

Mesin bubut standar, biasanya, dipakai di dunia industri, baik industri besar atau industri kecil seperti industri rumahan (home industri).

3. Mesin Bubut Sedang

Mesin bubut sedang umumnya dipakai untuk membenahi perkakas industri. Di lain sisi, mesin bubut ini sering dipakai untuk latihan bubut.

Mesin bubut sedang sudah dilengkapi perlengkapan spesial. Kerja mesin bubut ini lebih bagus di banding mesin bubut ringan.

4. Mesin Bubut Ringan

Seperti namanya, mesin bubut ini berbobot yang ringan. Bahkan juga, mesin bubut ini dapat diangkat oleh seorang saja. Sebab beratnya yang ringan, mesin bubut ini dapat dipindah sesuai keperluan atau ditempatkan di atas meja. Umumnya, bengkel bubut rumahan memanfaatkan mesin bubut ringan ini untuk alat intinya.

Di lain sisi, mesin bubut ringan kerap dijumpai di beberapa tempat training bubut. Ya, belajar menjalankan mesin bubut benar – benar pas memakai tipe mesin ini.

Harus di pahami, mesin bubut ringan cuman pas untuk beberapa pekerjaan yang ringan dan kecil. Hingga, pekerjaan yang besar dan banyak tidak di referensikan memakai mesin bubut ini.

Beberapa macam Layanan di Bengkel Bubut

Sesudah mengenali beberapa jenis mesin bubut, kalian pun perlu mengenali apa pekerjaan yang bisa dikerjakan di bengkel bubut. Berikut keterangan selengkapnya:

1. Pembubutan Muka

Pembubutan muka (facing) ialah proses pembubutan yang di kerjakan pada pinggir lempeng pada sumbu benda kerja. Pekerjaan ini bisa hasilkan pembubutan yang rata dan lembut.

2. Pembubutan Rata

Pembubutan rata atau yang umum disebut dengan pembubutan silindris ialah pembubutan pada benda yang dikerjakan sejauh garis sumbu.

3. Pembubutan Ulir

Pembubutan ulir (threading) ialah pembubutan yang dikerjakan dengan pahat ulir.

4. Pembubutan Bor

Pembubutan bor (drilling) ialah pembubutan yang dikerjakan dengan menggunakan mata bor hingga didapat lubang pada benda kerja.

5. Peluasan Lubang 

Peluasan lubang ialah pembubutan yang di kerjakan untuk membesarkan lubang.

6. Knurling 

Knurling ialah pembubutan yang dikerjakan untuk membubut profile pada permukaan benda kerja.

Nahh itu dia penjelasan tentang jenis mesin bubut dan layanan jasa bengkel bubut. Ingin info lebih lanjut bisa cek di jasa bengkel bubut murah di medan.

terimakasih… stay safe yaa

By crystal