Email merupakan tool yang sangat penting bagi sebuah perusahaan, karena dengan email kita dapat mengirim dan menerima pesan secara elektronik,oleh karena itu pastikan layanan email anda tidak mempunyai masalah yang berarti, masalah yang sering terjadi adalah server email down, masalah ini bisa berakibat fatal bagi perusahaan anda, bisa jadi anda akan kehilangan projek yang mempunyai nilai besar karena email yang dikirim tidak sampai ke penerimanya, untuk itu anda perlu mengetahui sebab-sebab mail server mengalami down, berikut kami paparkan alasan mail server mengalami down :

Spesifikasi Hardware

Jika server mail anda down bisa jadi karena spesifikasi hardware yang anda gunakan tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda, jadi harus anda pastikan hardware yang anda gunakan sudah sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.

Pemakaian Berlebihan

Mail server sering down biasanya terjadi karena padatnya aktivitas email sedangkan hardware yang digunakan seadanya dan tidak memenuhi kebutuhan perusahaan sehingga menyebabkan server tidak mampu menampung aktifitas email anda.

Sering Terjadi Masalah di Luar Server Mail

Masalah lain yang sering terjadi adalah karena masalah non teknis yang tidak ada hubungannya dengan server mail anda, masalah ini biasanya terjadi karena mati listrik, perangkat hardware yang error sehingga pengiriman dan penerimaan email tidak berjalan dengan baik. ini biasanya terjadi pada perusahaan yang menggunakan local server sendiri namun minim perawatan.

Terkena Serangan Malware dan Virus

Serangan malware atau virus pada pc server secara tidak langsung akan berdampak pada server mail sehingga dapat mengakibatkan aktivitas email dapat terganggu. untuk mengatasinya dibutuhkan software yang handal agar pc server aman dari serangan malware atau virus.

Cara mengatasi Mail Server Yang Sering Down

Untuk Mengatasi hal tersebut perusahaan teknologi berlomba-lomba membuat layanan terkait permasalahan tersebut, salah satunya adalah Perusahaan raksasa Microsoft, microsoft mengeluarkan layanan office 365, microsoft 365 adalah salah satu paket layanan kolaborasi teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan anda terkait mail server. Selain office 365 anda bisa menggunakan alternatif lain yaitu teknologi besutan dari google yang bernama google workspace, dengang google workspace anda dapat dengan mudah mengatur email anda, harga google workspace sendiri cukup murah bila dibanding membangun mail server sendiri. 

By crystal