Pemerintah memang sudah merencanakan berbagai program kebersihan dan kesehatan lingkungan. Namun semua program ini tidak akan berarti apa-apa jika tidak adanya dukungan dan partisipasi dari masyarakat secara langsung seperti membuang sampah pada tong sampah besar. Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat ini menjadi bukti kalau masih ada masyarakat yang peduli dan mencintai lingkungan :

1. Belajar mengelola sampah

Program pengelolaan sampah 3R banyak dilakukan oleh masyarakat. Pembelajaran dalam pengelolaan sampah pun dilakukan untuk mendapatkan lingkungan yang bersih dan menjadikan lingkungan nyaman untuk ditinggali.

2. Membersihkan sungai

Program peduli lingkungan pun mengajak masyarakat di sekitar sungai untuk melaksanakan kegiatan kerja bakti pembersihan sungai. Mungkin betapa terkejutnya banyaknya sampah yang diangkut dari sungai. Kemudian setelah membersihkan sungai, masyarakat bisa bekerja bakti memagari pinggir sungai yang sering dijadikan tempat membuang sampah. Berharap warga memiliki kesadaran akan kebersihan sungai dan tidak hanya untuk warga sekitar sungai saja, tapi juga untuk seluruh masyarakat.

3. Menyelenggarakan berbagai aksi kesehatan

Selain menciptakan lingkungan yang bersih, banyak juga kegiatan aksi kesehatan. Aksi ini seperti donor darah, pengecekan tekanan darah, dan beberapa lainnya. Berbagai aksi ini menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat untuk mewujudkan Indonesia yang sehat.

4. Membersihkan saluran air

Masyarakat pun sering menggelar kegiatan kerja bakti secara rutin untuk membersihkan saluran air yang tersumbat. Selanjutnya akan dijaga supaya tetap bersih supaya tidak terjadi banjir di saat musim hujan tiba. Karena mengatasi banjir bukan hanya tanggung jawab dari pemerintah saja, namun tanggung jawab bersama ya.

Nah itu dia beberapa kegiatan yang sering dilakukan masyarakat semoga bisa menyadarkan masyarakat lainnya yang belum ikut bergabung untuk bisa lebih mencintai lingkungan. Peduli terhadap lingkungan memang bukan hanya sebagai ajang perlombaan saja, tapi benar-benar rasa peduli yang datang dari panggilan hati. Tidak ada ruginya kok untuk rajin bersih-bersih di lingkungan sekitar, karena lingkungan yang kotor akan membawa penyakit bagi tubuh dan juga tidak nyaman untuk ditinggali.

By crystal