Sebenarnya mulai kapan sih kita harus memikirkan dan merencanakan kuliah? Jawabannya adalah secepatnya karena tidak ada kata terlalu cepat atau terlambat untuk merencanakan masa depan khususnya kuliah. Untuk menentukan apa yang ingin dicapai haruslah disiapkan dengan sangat matang agar tidak sampai salah pilih.

Banyak orang yang bertanya kuliah itu penting tidak sih? Kalau penting dan harus dilakukan kenapa seorang Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan Steve Jobs bisa menjadi orang yang super kaya meskipun tidak menyelesaikan kuliah? Jawabannya adalah kuliah itu penting! Kenapa? Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu ambil saat kuliah seperti bisa mengekspos diri terhadap banyak hal baru, membangun network, bisa beradaptasi dengan lingkungan di bawah tekanan, memberikan gelar akademis sehingga bisa membantu mendapatkan pekerjaan, dan masih banyak lagi.

Memang semua orang tidak harus kuliah tetapi kuliah itu penting. Saat kamu sudah memutuskan untuk kuliah, sebaiknya rencanakan secepatnya. Ada banyak sekali orang yang salah kaprah saat menyusun rencana kuliah. Sebagian besar dari mereka merencanakan aspek tekniknya saja seperti kampus apa, prodi apa, dan ingin menjadi apa. Padahal perencanaan kuliah yang benar adalah dengan mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai persiapan kuliah yang bisa kamu tiru dan lakukan, antara lain:

1. Kenali Minat dan Kemampuan

Ada banyak orang yang pusing terlebih dahulu dengan program studi apa dan di kampus mana ia harus kuliah. Faktanya mereka pusing dengan hal tersebut dikarenakan belum mengenal minat dan kemampuannya sendiri. Padahal jika sudah mengenal minat dan kemampuan maka kamu bisa memilih program studi apa yang sesuai dengan karakteristik. Minat sendiri merupakan sebuah ketertarikan seseorang terhadap sesuatu dan bisa jadi satu orang mempunyai lebih dari satu minat

Persiapan kuliah yang pertama adalah kenali minat dan kemampuan. Pertanyaannya bagaimana cara mengenali minat atau passion dan kemampuan? Yaitu dengan terbuka terhadap hal baru, memperluas pergaulan, kepo,  pilih prioritas dan terus asah kemampuan yang ada.

2. Memilih Program Studi

Terdapat banyak sekali mahasiswa yang mengaku bahwa ia salah jurusan saat sudah menjalani masa kuliah. Bahkan beberapa di antara mereka ada yang memutuskan untuk keluar meskipun sudah ada di tengah jalan. Hal ini diakibatkan karena salahnya perencanaan kuliah dan pemilihan program studi. Lantas bagaimana yang benar untuk memilih program studi? Caranya adalah dengan eksplorasi dan diskusi.

Eksplorasi, terdapat beberapa hal yang perlu kamu cari tahu seperti apa yang akan dipelajari, apa saja mata kuliahnya, berapa lama pendidikannya, fasilitas apa saja yang mendukung perkuliahannya, akreditas program studi, bagaimana persaingannya, dan apa saja syaratnya. Selain itu, diskusi juga sangatlah penting dalam melakukan persiapan kuliah. 

Setelah memutuskan akan mengambil program studi apa, kamu perlu mendiskusikannya dengan pihak lain seperti orang tua, guru BK, atau saudara. Disarankan untuk berdiskusi dengan guru BK karena beliau yang lebih mengetahui track record akademismu secara langsung.

3. Memilih Kampus

Persiapan kuliah selanjutnya adalah memilih kampus. Dalam memilih kampus, kamu perlu mempertimbangkan ingin ke kampus negeri atau swasta. Kemudian cek rangking universitas idamanmu, lokasi, dan cari tahu biaya kuliah serta biaya hidupnya.

Jika berasal dari Jakarta atau ingin kuliah di Jakarta, kamu bisa mencoba untuk mencari dan melihat daftar universitas terbaik di Jakarta yang sekiranya akan cocok untuk kamu masuki.

Demikian informasi mengenai persiapan kuliah yang bisa kamu terapkan. Untuk daftar kuliah via online dan mengetahui berbagai macam fakta menarik seputar kampus seperti beasiswa, magang, promo, dan lain-lain kamu bisa kunjungi goKampus.com.

By crystal