Apakah Anda memiliki bayi kelinci yang baru lahir? Jika iya maka artikel mengenai cara merawat anak kelinci yang baru lahir ini bisa bermanfaat bagi Anda. Apabila kelinci peliharaan kita baru saja melahirkan maka hal yang harus kita lakukan pertama kali adalah menjaga dengan baik kelinci tersebut agar tetap sehat dan tidak mati.

Akan tetapi sangat disayangkan apabila tidak semua peternak kelinci ini mengerti cara merawat bayi kelinci yang baru lahir dengan baik, sehingga menimbulkan kegagalan dan bayi kelinci pun tidak dapat bertahan lama.

Merawat bayi kelinci memerlukan perhatian ekstra karena tidak semudah merawat kelinci yang yang sudah besar, hal ini diperparah dengan karakter sang induk yang memiliki perbedaan dengan induk hewan yang lain.

Kelinci akan pergi dari sarangnya dari tempat dia melahirkan dan meninggalkan anaknya untuk mencari makan, apabila bayi yang ditinggalkan ini tidak dijaga maka dapat menjadi sasaran dari predator.

Apalagi jika sang induk mengalami stres tentunya dapat membuat induk kelinci memakan anaknya sendiri atau yang lebih ringannya adalah tidak mau menyusui anaknya.

Agar hal itu tidak terjadi atau bisa diminimalisir maka sebaiknya Anda menyimak informasi yang saya dapat dari admin jual kelinci hias:

Perhatikan kondisi induk

Pertama yang perlu untuk kita lakukan adalah menjaga kondisi induk kelinci agar tidak merasa kelaparan ataupun stres. Anda juga tidak boleh menyentuh anaknya karena ada beberapa induk kelinci yang tidak mau menyusui anaknya setelah dipegang oleh manusia.

Perhatikan kondisi cuaca ketika kelinci melahirkan

Seperti yang kita tahu bahwa bayi kelinci yang baru lahir masih belum memiliki bulu yang tumbuh. Oleh karena itu bayi kelinci sangat rentan terhadap adanya perubahan suhu.

Buatlah tempat yang nyaman dengan kondisi suhu ruangan yang stabil, suhu yang terlalu panas tidak baik bagi bayi kelinci.

Pemeriksaan bayi setelah dilahirkan

Langkah ketiga yaitu periksalah anak kelinci yang sudah dilahirkan dengan teliti.Hal yang harus diperhatikan pada saat pemeriksaan bayi kelinci adalah apakah bayi kelinci tersebut lahir dalam keadaan sehat ataukah sudah mati. Apabila ada kelinci yang mati maka harus segera kita pisahkan agar tidak menimbulkan penyakit bagi bayi yang lain.

By crystal