Kerajinan kayu merupakan sebuah seni kreatifitas dari tukang kayu yang memang memiliki keahlian khusus. Dari tangan kreatif dihasilkan berbagai kerajinan yang unik dan menarik untuk anda gunakan sebagai hiasan interior, seperti kerajinan jam juga dibuat dari kayu jati maupun kayu mahoni dan jenis kayu lainnya.

Kerajinan jam sendiri banyak digunakan dan dicari saat ini, dimana memiliki desain yang unik serta lebih mewah dan menarik untuk digunakan dan dipasang dinding rumah, bisa sebagai hiasan ruang tamu maupun ruang keluarga dan lainnya, itulah kenapa kerajinan jam sangat banyak digunakan saat ini.

Di jepara sendiri banyak tukang kayu yang membuat berbagai model desain jam serta jenisnya, mulai dari jam tangan, dinding sampai Lemari Jam yang terbuat dari kayu jati dengan desain minimalis sampai ukuran klasik mewah, semua bisa anda dapatkan di berbagai toko mebel yang ada disana, bisa online maupun offline.

Cara membuat kerajinan jam dari kayu

1. Siapkan bahan

Tahap adalah persiapan bahan kayu yang akan digunakan, dari gelondong kemudian di gergaji menjadi papan sesuai tebal tipisnya menurut model jam yang akan dibuat, usahakan dalam pemotongan menggunakan gergaji rel, sehingga ukuran papannya bisa bagus.

2. Potong bahan

Dari papan lalu dilanjutkan dengan proses pemotongan ke mal atau, memotong papan kayu sesuai dengan ukuran dan model yang diinginkan, bisa melengkung, lurus maupun bengkok dan tebal tipis, semua agar nanti bisa menjadi komponen yang siap untuk dirakit.

3. Ukir bahan

Untuk yang model ukiran, tahap ini dari proses pemotongan bahan yang sudah jadi komponen siap rakit, diukir terlebih dahulu, sebelum proses pengukiran ada tahap  bobok kayu, maupun serut dan lainnya terhadap komponen kayu yang siap rakit.

4. Perakitan

Untuk tahap ini menjadikannya komponen yang sudah diukir dan diserut dibuat menjadi produk yang setengah jadi, yaitu sudah jadi namun belum di finishing dan dihaluskan, biasanya dilakukan tukang kayu yang sudah ahli dalam penyambungan, pengeleman, penyekrupan dan pemurusan agar menjadi produk utuh.

5. finishing

Nah tahap ini jam di warna sesuai keinginan, bisa natural kayu, bisa lukis dan juga bisa airbrush sesuai dengan model dan desain yang dimau, setelah proses finishing atau warna selesai tahap selanjutnya adalah proses pemasangan aksesoris ke produk agar hasilnya bagus dan cantik.

Demikianlah sedikit info bagaimana cara membuat kerajinan jam dari kayu yang memerlukan ketelitian dan juga keahlian di bidang bertukangan, perkayuan dan finishing. Untuk itu apabila anda tidak memiliki skill bisa memesannya secara langsung di toko yang menjual mebel jepara asli seperti dewamebel.com.

By crystal