Saat ini anda tengah menatap layar gadget anda. Namun gadget anda ini kemungkinan tidak bersama anda lagi dalam 5 atau 10 tahun lagi karena cepat atau lambat anda akan menjual, membuang, menukar atau menyumbangkannya karena sudah memiliki performa yang buruk.

Namun skenario tersebut tidak akan cepat terjadi jika anda mampu merawat gadget anda dengan baik. Dengan merawat gadget dengan baik, anda akan mempertahankan fungsi gadget terutama smartphone xiaomi poco x3 dengan baik dan dapat memiliki masa penggunaan yang lebih panjang.

Namun sayangnya banyak yang tidak paham bagaimana cara membuat gadget semakin awet. Oleh sebab itu, dalam artikel ini saya akan menjelaskan cara membuat gadget semakin awet agar nantinya gadget yang anda miliki memiliki performa yang mumpuni meski di usia gadget yang semakin senja.

 

1. Bersihkan secara berkala

Hal yang paling penting saat merawat gadget adalah membersihkannya. Dengan membersihkannya anda menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Debu dan kotoran ini nantinya menutupi komponen penting yang ada di dalam gadget dan efeknya gadget menjadi panas, sirkulasi menjadi tidak lancar dan bahkan bisa menyebabkan korosi pada gadget.

Bersihkanlah gadget dengan membongkarnya untuk PC dan laptop jika memungkinkan setelah itu bersihkan bagian dalam keyboard dan CPU. Jika pada smartphone, bersihkan bagian colokan yang ada dan senantiasa menjaga kebersihan layar.

 

2. Merawat baterai

Merawat baterai dilakukan dengan mengecasnya dengan benar dan menggunakan gadget dengan benar. Jangan gunakan gadget saat sedang dicas karena ini dapat menyebabkan panas pada gadget dan efeknya masa pakai baterai akan semakin berkurang. Isilah daya saat daya menunjukan angka 20%. Mengisi daya saat mendekati 0% membuat baterai cepat rusak.

Isilah daya sampai mendekati 90%, mengecas sampai 100% apalagi membiarkannya terpasang dalam waktu yang lama tidak baik bagi baterai. Jadi cabutlah casan dari gadget saat sudah penuh dan jangan pernah mengecas semalaman. Hindari sinar matahari langsung dan panas berlebih karena akan membuat baterai memulai dan mengurangi umur baterai. Terakhir, jangan gunakan ponsel berlebihan.

By crystal