Setelah YouTube Creator Studio melakukan update, sejumlah pengguna mengalami kesulitan bagaimana cara masuk ke YouTube Creator Studio ini. Padahal bagi YouTuber, YouTube Creator Studio sangatlah penting bagi seorang YouTuber karena disinilah semua dioperasikan.

Masalah yang dialami oleh pengguna adalah kesulitan mengakses YouTube Creator Studio lantaran update yang dilakukan oleh youtube tersebut. Jika anda sudah terlanjur terbiasa mengakses YouTube Creator Studio versi klasik dan tidak berniat untuk beralih maka anda dapat mengikuti tutorial kali ini.

Disini akan dijelaskan langkah demi langkah bagaimana cara mengakses YouTube Creator Studio. Namun perlu diketahui bahwa YouTube Creator Studio dapat diakses di PC maupun smartphone dan cara mengakses YouTube Creator Studio di PC maupun smartphone cukup sama.

Namun satu hal yang berbeda yaitu ada dua cara untuk mengakses YouTube Creator Studio di smartphone yaitu dengan menggunakan aplikasi yang dapat di download di Playstore dan AppStore dan juga dengan menggunakan browser sebagaimana mengakses YouTube Creator Studio via PC.

Saya pribadi lebih suka mengakses YouTube Creator Studio melalui PC ketimbang smartphone. Penggunaan smartphone hanya jika ada kebutuhan mendesak dan tidak ada laptop atau PC untuk mengedit video yang telah diupload atau ingin segera mempublikasikan video.

Alasannya pengalaman yang diberikan oleh PC jauh lebih baik ketimbang mengaksesnya melalui smartphone seperti layar yang lebih lebar dan performa lebih baik dan stabil karena sudah jelas bahwa RAM yang lebih besar pada PC lebih baik ketimbang smartphone.

Baik, berikut untuk mengakses YouTube via browser di PC maupun smartphone:

  • Pertama, buka browser yang ada di smartphone atau PC anda entah itu Microsoft Edge, Mozilla Firefox, Opera Mini, UC Browser, atau Internet Explorer yang telah terinstal di gadget anda.
  • Kedua, Masuk ke situs https://youtube.com kemudian masuk ke akun YouTube anda.
  • Ketiga, klik ikon profil yang posisinya berada di bagian sebelah kanan atas.
  • Keempat, klik YouTube Studio kemudian klik Creator Studio Classic.
  • Selanjutnya YouTube Creator Studio pun akan muncul.

By crystal