Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pasti ada salah satu subjek pembahasan yang bernama 5W 1H. Ini adalah sekumpulan pertanyaan yang membuat sebuah narasi atau berita menjadi lebih jelas, informatif dan dapat dengan mudah untuk dipahami.

Penggagas 5W 1H adalah salah seorang penulis sekaligus penyair yang bernama Rudyard Kipling. 5W 1H cukup membantu para penulis untuk mengembangkan sebuah cerita, sastra, penelitian, dan lain sebagainya.

5W 1H cukup sederhana dan mudah untuk diingat oleh semua orang dan berguna dalam banyak hal karena mampu merangkum banyak informasi secara baik, cepat dan efektif. Langsung saja, berikut penjelasan kami tentang 5W 1H sebagaimana yang kami kutip dari Situs PakarDokumen.com

Pengertian 5W 1H

Sederhananya, 5W 1H adalah kumpulan pertanyaan yang dapat berguna untuk mendapatkan informasi dan juga untuk memecahkan suatu masalah. Maka jika suatu informasi dapat menjawab atau terdapat unsur 5W 1H maka suatu informasi tersebut dikatakan lengkap.

5W 1H diambil dari bahasa Inggris yaitu what yang berarti apa, who yang berarti siapa, when yang berarti kapan, where yang berarti di mana, why yang berarti mengapa, dan how yang berarti bagaimana. Namun dalam bahasa Indonesia kita membuat singkatan Adiksimba yang merupakan singkatan yang diambil dari A dari apa, DI dari di mana, K dari kapan, SI dari siapa, M dari mengapa dan BA dari bagaimana.

 

What / Apa

what atau apa adalah sebuah pertanyaan yang mencoba mengulik maksud utama atau inti dari apa yang ingin disampaikan entah itu cerita, gagasan atau sebuah berita. Ini adalah unsur utama yang harus dipenuhi. Dari unsur ini nantinya seseorang dapat mengulik lebih jauh mengenai fakta-fakta yang hendak dikumpulkan selanjutnya ingin dikmbangkan.

 

Who / Siapa

Ini adalah sebuah pertanyaan yang diajukan dalam sebuah peristiwa, cerita, narasi atau berita yang menunjukan seseorang atau pelaku yang terlibat di dalamnya atau yang tengah diulas. Yang dimaksud disini bukan saja pada pelaku utama dalam dalam sebuah konteks namun juga orang atau tokoh lain yang terlibat dan ikut andil dalam jalannya sebuah narasi.

 

When / Kapan

Ini adalah keterangan waktu pada sebuah peristiwa yang terjadi. Waktu disini bisa berupa hari, tahun, bulan, detik, atau kalimat seperti nanti, sore, pagi, besok, kapan kapan atau kalimat lain yang masih terkait dengan waktu. Dengan waktu sebuah informasi menjadi lebih jelas dan lebih mudah dipahami atau dibuktikan kebenarannya.

 

Where / Dimana

Ini menjelaskan mengenai sebuah tempat kejadian atau sebuah peristiwa terjadi. Unsur ini membuat sebuah alur cerita menjadi lebih mudah dimengerti dan dinikmati. Dalam sebuah berita unsur ini membuat informasi menjadi lebih informatif. Dan ini juga dapat membuktikan sebuah perkara karena terdapatnya bukti kejadian fisik sebelumnya di tempat perkara.

 

Why / Mengapa

Pertanyaan mengapa memfokuskan pada pembahasan pada latar belakang atau alasan terjadinya suatu peristiwa yang hendak dibahas atau diulas. Dengan unsur ini pembaca atau pendengar akan lebih memahami maksud atau arti dalam sebuah kejadian, situasi, kondisi, alur cerita, berita dan penelitian.

 

How / Bagaimana

Unsur ini memfokuskan pada pembahasan mengenai penjelasan, alur perkara atau kejadian, dan deskripsi dibalik kejadian atau perkara saat sesuatu itu terjadi. Unsur ini sangat penting bagi seseorang yang hendak mengulik sebuah kasus, perkara, cerita, berita dan penelitian agar semua itu menjadi masuk akal dan logis.

 

Akhir Kata

Itulah 5W 1H yang bisa saya sampaikan. Intinya, jangan sampai narasi, berita atau penelitian yang anda kembangkan tidak memenuhi unsur ini karena jika unsur ini tidak terpenuhi maka suatu karya tulis atau lisan menjadi kurang lengkap.

By crystal