alat ukur listrik

Bagi orang yang bekerja di bidang kelistrikan atau juga para ahli elektronik, kegiatan mengecek ukuran listrik sudah menjadi keseharian. Bisa ketika membuat alur listrik juga ketika memperbaiki arus listrik yang terganggu. Kedua aktivitas tersebut, tentu butuh alat ukur listrik dan fungsinya harus sesuai dengan yang diukur.

Tanpa kehadiran alat ukur listrik tersebut, sepertinya cukup berbahaya dan cukup merepotkan. Pasalnya, besaran hambatan (R), kuat arus yang bisa diukur dengan alat ukur kuat arus listrik, potensial (V), dan juga daya listrik akan sukar diketahui. Dan proses untuk membuat maupun memperbaikinya bisa terganggu.

Untuk itu, sangat penting menggunakan dan mengetahui alat ukur listrik dan fungsinya. Berikut ini akan diberikan rincian alat beserta fungsinya secara lengkap.

alat ukur listrik

Alat-alat Ukur Listrik dan Fungsinya

Sebenarnya, terdapat dua jenis alat ukur listrik. Pertama, alat ukur digital. Dan kedua, alat ukur digital. Di bagian ini, akan disebutkan alat ukur listrik digital terlebih dahulu.

1. Amperemeter

Alat ukur listrik yang satu ini biasanya sih digunakan untuk mengukur berapa kuat arus listrik. Kedua arus listrik AC dan juga DC yang ada pada rangkaian listrik tertutup bisa diukur menggunakan alat ini.

Kalau kamu ingin menggunakannya, maka potonglah pengantar dan sambungkan Amperemeter. Biarkan amperemeter dialiri oleh arus listrik yang ingin dihitung.

2. Ohm Meter

Untuk yang kedua, adalah Ohm meter. Jika alat sebelumnya digunakan untuk mengukur kuat arus listri AC dan juga DC, alat ukur yang satu ini berfungsi untuk mengukur hambatan arus listrik (R) yang terdapat pada rangkaian tertutup.

3. Voltmeter

Alat ukur listrik yang satu ini berfungsi untuk mengukur besaran tegangan  listrik yang ada pada suatu rangkaian listrik tertutup. Biasanya alat ukur tegangan listrik secara paralel disusun terhadap posisi komponen yang ingin diukur dalam suatu rangkaian listrik. Pada alat ini terdapat tiga lempengan tembaga.

Lempengan luar memiliki fungsi Anode dan lempengan dalamnya berfungsi untuk Katode.

4. Wattmeter

Seperti namanya, alat ini digunakan untuk mengukur seberapa besar power atau kisaran suplai energi pada listrik. Dalam pengukurannya, Wattmeter menggunakan satuan Watt dalam sirkuit atau rangkaian listrik apapun.

5. Multimeter

Nah kalau alat ukur yang ini merupakan alat ukur komplit. Sebab fungsi multimeter adalah mengukur ketiga besaran listrik yang biasanya diukur seperti besarnya arus listrik (Ampere), hambatan (Ohm), dan juga mengukur tegangan listrik (Volt). Jadi nantinya kamu hanya tinggal memakai satu alat ini untuk mengukur listrik.

 

Macam-macam Alat Ukur Listrik dan Fungsinya

Alat ukur listrik dan fungsinya sebagaimana yang telah disebutkan di atas, merupakan alat ukur yang pada umumnya digunakan. Tetapi, alat ukur listik tak hanya itu. Masih ada macam-macam alat ukur lainnya. Ini berfungsi untuk mendapatkan pengukuran listrik yang lebih spesifik.

Berikut ini alat ukur listrik lainnya yang perlu diketahui.

1. Frequency Meter

Untuk alat ukur yang satu ini, biasanya sih digunakan berbarengan dengan pengukur Ampere dan juga Volt. Ia dikumpulkan bersama kedua jenis alat ukur lainnya dalam suatu box panel.

Fungsinya sangat penting untuk menjaga tingkat tenaga dan juga umur beban listrik. Bisa terlihat digunakan dalam motor listrik.

2. Kwh Meter

Kalau ini, biasanya ada di rumah-rumah. Fungsinya, adalah mempermudah abang-abang PLN dalam melakukan cek tentang berapa besar daya listrik yang digunakan oleh suatu rumah. Satuan yang digunakan adalah Watt. Dan alat ini juga menjadi indikator penetapan harga listrik sesuai dengan total listrik yang digunakan.

3. Megger

Megger, kegunaannya sangat penting bagi keamanan manusia. Sebab dia mengukur tingkat isolasi dalam suatu rangkaian listrik dengan tegangan yang tinggi. Yang biasa mengukurnya adalah para teknisi listrik. Proses pengukuran dilakukan untuk melihat seberapa kuat pembungkus listrik tegangan tinggi dalam melindungi sentuhan manusia secara langsung.

 

Sebenarnya ada banyak lagi pengukur listrik seperti tacometer, oscilloscope, manifold, luxmeter dan lainnya. Tetapi, masih akan dijelaskan di kesempatan lain. Semoga bermanfaat!

By crystal