Makalah termasuk ke dalam karya ilmiah yang ditulis dalam beberapa bab. Di setiap bab tentunya memberikan pembahasan yang berbeda-beda mengenai suatu masalah. Selain itu, dalam menulis makalah juga harus sesuai dengan aturan yang tepat. Dikarenakan hal ini, banyak siswa hingga mahasiswa yang dibuat kebingungan saat mendapatkan tugas membuat makalah. Supaya membuat makalah tidak lagi membuatmu kesusahan, simak yuk 6 tips berikut.

Pilih Topik Spesifik yang Kamu Kuasai

Setiap guru atau dosen dalam memberikan tugas membuat makalah umumnya akan memberikan suatu topik. Topik yang diberikan tersebut biasanya masih terlalu umum, sehingga kamu harus menulis dengan topik yang lebih spesifik dari topik tersebut. Dalam memilih topik ini, usahakan untuk memilih topik yang kamu paham betul dan mampu untuk membahasnya. Jika kamu memilih topik yang kamu kuasai, maka pembuatan makalah pun akan jadi lebih mudah dan lebih cepat.

Cari Referensi yang Sesuai dengan Topik Makalah

Setelah menentukan topik dan benar-benar yakin dengan topik tersebut, berikutnya kamu bisa memulai mengumpulkan referensi atau data yang berhubungan dengan topik tersebut. Dalam mencari referensi, kamu dapat mencarinya di buku referensi maupun di makalah-makalah yang sebelumnya sudah pernah ditulis.

Tapi, usahakan untuk tidak menyalin dan lakukan parafrase atau menulis kalimat dengan bahasamu sendiri. Selain itu, lebih disarankan untuk tidak mencari sumber sepenuhnya di internet. Ini dikarenakan sumber dari internet belum tentu bisa dipercaya seratus persen.

Tahapan Menulis Makalah Tidak Harus Dikerjakan Secara Berurutan

Meskipun secara runtut makalah terdiri dari pendahuluan, isi, dan kesimpulan, akan tetapi jika kamu merasa lebih mudah untuk menulis bagian pembahasan dulu, maka hal tersebut juga tidak masalah. Mengingat bagian pembahasan termasuk pembahasan yang inti, sehingga mempunyai bobot yang lebih penting dan lebih sulit dari bab yang lain. Hanya saja, meski dikerjakan lebih dulu, tetapi kamu harus tetap mengurutkannya sesuai dengan urutan makalah yang sistematis. 

Perhatikan Aturan Sistematis Penulisan Makalah

Dalam menulis makalah, terdapat aturan sistematis penulisan yang harus diikuti oleh penulis makalah. Aturan ini berhubungan dengan urutan setiap babnya dan juga apa saja isi yang harus ada dalam setiap bab tersebut. Misalnya, di dalam bab pendahuluan harus memuat pengenalan mengenai masalah apa yang diangkat. Dalam pendahuluan juga biasanya akan ada rumusan masalah sekaligus tujuan dari pembuatan makalah.

Baca Makalah dari Sudut Pandang Pembaca

Saat makalah sudah selesai ditulis, cobalah untuk membaca makalah tersebut dengan memposisikan diri kamu sebagai seorang pembaca. Tujuan melakukan hal ini adalah karena tulisanmu tersebut nantinya akan dibaca oleh banyak orang, sehingga kamu butuh sudut pandang pembaca untuk mengetahui bagian mana saja yang kurang pas jika dilihat dari sudut pandang mereka.

Jangan Lupa untuk Menyunting Makalah

Sembari membaca ulang makalah dari sudut pandang pembaca, jangan lupa juga untuk melakukan penyuntingan. Penyuntingan ini berhubungan dengan teknis penulisan makalah seperti tata letak makalah dan masalah kebahasaan, seperti penulisan ejaan, kata-kata asing, dan lain sebagainya. Setelah melakukan penyuntingan, cobalah untuk mengendapkan tulisanmu dalam beberapa waktu, kemudian baca ulang lagi untuk meyakinkan dirimu bahwa makalahmu benar-benar sudah sesuai.

Nah, demikian penjelasan tentang 6 tips membuat makalah yang dapat kamu terapkan saat menerima tugas dari guru atau dosen. Selain tips yang ada di atas, setiap arahan dari guru maupun dosenmu juga tidak boleh kamu lupakan. Jadikan arahan tersebut sebagai patokan untuk membuat makalahmu jadi makin sempurna.

By crystal