Meniru gaya parenting orang lain tak sepenuhnya dibenarkan. Ada kalanya semua itu akan berdampak parah pada perkembangan kepribadian anak. Sehingga lebih disarankan untuk bisa menerapkan ilmu parenting sesuai dengan kondisi. Agar tidak salah langkah, kiranya Anda harus memperbanyak membaca panduan parenting seperti penjelasan berikut ini.

Beberapa Kesalahan Parenting yang Sering Terjadi

Minimnya literasi dalam bidang parenting terkadang membawa dampak pada pola pengasuhan yang dipilih. Tak seperti konsep ilmu parenting sebenarnya, yang ada Anda akan menghadapi beberapa kesalahan berikut.

1. Tidak Bisa Menjadi Role Model 

Kurangnya wawasan, ilmu maupun pengalaman menjadikan orang tua muda (khususnya) tidak bisa menjadi role model bagi anaknya. Padahal orang tua memiliki akses bertemu anak lebih tinggi, sehingga besar kemungkinan segala tindak- tanduknya akan ditiru. 

2. Terjebak Pada Kompetisi Parenting

Terlalu membanding-bandingkan gaya parenting orang lain justru membawa efek negatif pada pola asuh yang dipilih. Dominasi faktor ambisi dan egoisme pribadi menjadikan anak sebagai lahan untuk berkompetisi guna mengunggulkan suatu gaya parenting.

3. Terlalu Memaksakan Kehendak

Kesalahan fatal dari pengaplikasian ilmu parenting yang sering terjadi adalah terlalu memaksa anak. Orang tua seolah lupa bahwasanya anak pun memiliki hak dan privasi yang harus dihargai.

4 Poin Penting Ilmu Parenting yang Wajib Dipahami 

Agar terhindar dari beberapa kesalahan pengaplikasian ilmu parenting tersebut. Ada baiknya Anda memahami empat poin penting berikut ini.

1. Berpikiran Terbuka

Tak jarang orang tua akan kalut ketika mendapat komentar terkait pola asuh yang diterapkan. Menyikapi hal tersebut Anda harus senantiasa berpikiran terbuka dan positif. Anggap kritikan tersebut sebagai bahan introspeksi diri.

2. Terus Mengasah Pengetahuan

Belajar adalah pekerjaan seumur hidup. Hal ini berlaku pula pada konsep parenting. Perbanyak workshop, seminar maupun membaca buku panduan parenting guna meningkatkan skill dan pengetahuan. 

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Anak adalah suatu amanah besar untuk orang tua. Sehingga memberikan suatu hal yang terbaik terutama ketika anak sakit atau tantrum harus dilakukan sepenuh hati. Tingkatkan rasa percaya diri Anda dalam mendidik dan mengurus anak dan jauhi sikap menyalahkan diri sendiri.

4. Jauhi Sikap Membanding-bandingkan

Setiap anak lahir dengan keunikannya tersendiri. Jadi, untuk Anda para orang tua hindari sikap membanding-bandingkan dengan orang lain, ya. Selain dapat melukai hati anak, hal ini juga dapat membawa dampak traumatis pada diri anak.

Perhatikan beberapa kunci penting ilmu parenting tersebut guna menghindarkan diri dari kesalahan pengasuhan, dan perbanyak pula referensi dari sumber yang valid dan kredibel, seperti bondanita.com ya. Semoga bermanfaat.

By crystal