3+ Cara Beternak Ikan Red Zebra Sampai Panen

Ikan red zebra merupakan ikan hias dengan daya tarik yang menawan. Peluang jual ikan red zebra pun terbuka lebar, apalagi harga per ekornya bisa mencapai Rp 12.000 hingga Rp 20.000. Pelaku budidaya juga tidak sedikit memilih jenis ikan hias tersebut, karena mudah bagi pemula. Berikut ini persiapan dan langkah-langkah yang dilakukan untuk membudidayakan ikan red zebra.

3+ Cara Beternak Ikan Red Zebra Sampai Panen

1. Persiapan Ternak Ikan Red Zebra

Sebelum memulai, anda harus menyiapkan berbagai peralatan budidaya. Daftarnya adalah wadah akuarium, alat cek air, jaring seser, wadah baskom, air bersih, pemanas, pompa air, pembersih akuarium dan selang.

2. Siapkan Benih Red Zebra

Memilih dengan selektif benih red zebra sangat penting untuk keberhasilan beternak ikan red zebra. Beberapa hal perlu diperhatikan dalam seleksi benih red zebra adalah mencari ukuran seragam, sehat, aktif, warna terang dan panjang ideal 5-7 cm, dengan besar hingga 2 jari.

Letakkan tiga ikan jantan dan betina, dicampur dalam satu kantong plastik agar mudah ketika memindahkan pada akuarium pembesaran. Pastikan oksigen cukup dalam kantong plastik.

3. Persiapan Kolam Akuarium Pembesaran Red Zebra

Gunakan kolam terpal atau kolam biasa. Namun, agar tampak indah, akuarium akan jauh lebih. Pastikan air bebas dari kontaminan dan bau menyengat. Isi akuarium dengan air dan biarkan terlebih dahulu selama 2 hari, kuras dan ganti air baru. Pasang pompa air, agar kualitas oksigen tetap baik.

Periksa pH air, idealnya 5 sampai 8, sedangkan suhu udara yaitu 26-28 derajat celcius. Pakai pemanas bila perlu saat musim hujan saja. Tambahkan pula batu kerikil dan substrat lain sebagai wadah telur. Bisa juga menambahkan rumput atau tanaman hidup supaya kolam terasa asri.

Tips Cara Beternak Ikan Red Zebra

3+ Cara Beternak Ikan Red Zebra Sampai Panen

Supaya berhasil, maka anda harus memperhatikan langkah dari awal sampai bisa panen. Bersihkan akuarium secara rutin, agar tidak ada sampah kotoran. Pemberian pakan ikan red zebra juga harus secara ideal, agar pertumbuhan ikan dapat optimal. Kondisi pH dan suhu air juga harus tetap ideal.

Saat ikan red zebra bertelur dan menetas menjadi larva, pisahkan anakan dari indukan. Siapkan kolam khusus untuk pembesaran.

Dalam membudidayakan ikan red zebra juga penting memperhatikan pengendalian hama dan penyakit. Jaga sanitasi dan kebersihan akuarium, tambahkan bakterisida atau fungisida sebagai antisipasi.

Mau tau info dan tips menarik selanjutnya? Cek di Suksespedia.

By crystal